Awas, Ini Beberapa Ciri Agen Palsu atau Calo Tiket Bus Yang Nakal! - Anggit.id | Anggit Yugo Pangestu

Awas, Ini Beberapa Ciri Agen Palsu atau Calo Tiket Bus Yang Nakal!

Awas, Ini Beberapa Ciri Agen Palsu atau Calo Tiket Bus Yang Nakal!

Ciri Agen Tiket Calo Abal Abal

Menjadi seorang perantau harus tau seluk beluk dunia perantauan. Kalau kita tidak tau seluk beluknya, bisa bisa kita akan banyak kena tipu. Apalagi ada orang baru yang tiba tiba masuk ke dalam area keseharian kita. Maka dari itu banyak banyaklah bertanya kepada orang yang sudah lama merantau, ataupun sering seringlah membaca artikel tips tips yang harus dihadapi saat kita menjadi anak rantau.

Seperti ceritaku ini, aku mulai merantau sekitar 3 bulan yang lalu, tepatnya di daerah Cipeundeuy, Subang. Walaupun pedesaan ya bagaimana lagi, ini namanya perjuangan. Kebetulan daerah sini dekat dengan Sadang, Purwakarta, bisa dibilang daerah perbatasan.

Di daerah ini tidak ada akses bus yang langsung ke Jawa. Mau tidak mau kita harus mencari agen penjual tiket bus di sekitar area purwakarta. Sebelumnya aku telah menelusuri mbah google untuk mencari info agen penjual tiket resmi di sekitar sini, dan hasilnya nihil.

Menurut info yang beredar ada beberapa agen bus di Cikampek yang bisa memberikan tiket untuk pulang ke Jawa. Saat itu memang ada beberapa plakat agen bus saat aku lewat di area cikopo (Cikampek). Disana macam macam, ada Lorena, Pahala Kencana dan lain lain.

Saat itu aku mau pulang ke daerah Jawa tepatnya Kabupaten Wonogiri. Sudah aku telusuri namun rata rata mereka turun di Solo. Sampai akhirnya aku menemukan agen tiket yang menawarkan tiket ke Wonogiri dengan bis Tunggal Dara Putra. Karena pengen pulang ya aku iya kan saja. Kala itu katanya harga 250 ribu. Mau gimana lagi mau pulang.

Di hari H, aku nunggu disitu sekitar 3 jam, bis gak kunjung datang. Aku mulai was was, tiba tiba datang bis Timbul Jaya lalu si agen menyuruhku untuk naik, karena ini bis terakhir dan tidak ada bis lagi dan aku iyakan aja karena waktu sudah mepet.

Diluar dugaan, didalam bis ternyata sudah penuh penumpang, aku duduk di depan dekat sopir bis. Saat itu aku mulai berdebat dengan sopirnya.

Aku : A
Kernet Bis : KB

A    : Loh? kok Timbul Jaya? Katanya Tunggal Dara?
KB : Lah emang ini Timbul Jaya, Siapa bilang Tunggal Dara?
A   : Lah, si agen tadi yang bilang, tiket 250 bukannya dapat eksekutif? Kok bisa aku duduk didepan sini?
KB : Hahaha lucu kamu dek, ditipu agen kamu, tadi aja agen cuma ngasih ke aku duit 120 ribu.
A   : Astafirullah, teganya agen tadi menipu saya? Terus ini gak dapet makan pak? Soalnya saya gak di kasih tiket makan biasanya dapet?
KB : Ya engak lah dek.
A   : Waduh, gimana sih pak? kok bisa gini?
KB : Makanya dek tau daerah sini.

Ya sudah, mau bagaimana lagi, tapi saat itu aku masih cek cok sama kernetnya dan minim aku bisa makan 2x dibayarin sama kernetnya. Tetep saja aku duduk dibagian gak enak, tiduk gak bisa, harus kuat kuat melek alias gak tidur.

Ya mau bagaimana lagi, tak ikhlasin aja lah, semoga si agen bisa cepat sadar kalau yang dilakukannya itu adalah menipu dan hasilnya gak barokah alias haram. Bayangin aku duduk melek dari Cikampek sampai Semarang? Untungnya ada penumpang yang turun di Semarang, jadi bisa duduk di belakang. Tetep aja aku ketipu, ketipu calo agen gadungan.

Oke dari cerita di atas, aku dapat menyimpulkan kalau ciri agen penjual tiket bis resmi tanpa adanya penipuan adalah sebagai berikut.

1. Pastikan agen tiket bus memberikan tiket resmi yang didalamnya terdapat tiket makan dan jam keberangkatan. Ada nama PO bis ditiket tersebut dan bukan tulisan tangan.

2. Mau beli kapan aja, dan buat hari apa aja, tetap kita dapat tiket resmi. Kalau dapat tiket sementara dan harus ditukan itu wajib diwaspadai.

3. Dilokasi agen berada tidak ada beberapa PO Bis. Hanya ada satu saja PO bis di lokasi penjualan. Misal nih di kios 1 ada agen yang bisa melayani tiket bus Tunggal Dara, Timbul Jaya dll. Tidak bisa seperti itu, agen resmi hanya memegang kendali satu PO saja, misal Agra Mas, ya Agra Mas aja gak campur dengan Gunung Mulia.

Nah mungkin itu saja tips agar kalian gak ketipu calo, padahal harga tiket asli dari Jakarta/Cikampek ke Jawa hanya 180 ribu (eksekutif kecuali hari libur).

Dan ini agen atau PO bus yang gak mungkin nipu dan gak nambah penumpang di jalan. Khusus bus ke Wonogiri.

Ini foto tiket asli dan tiket dari calo. Kenali perbedaannya, beda jauh.

#Tiket Bus Asli

Tiket Bus Asli Sedya Mulya

Tiket Bus Asli Sedya Mulya

Tiket Bus Asli Sedya Mulya

#Tiket Bus Palsu

Tiket Bus Palsu Dari Calo

Tiket Bus Palsu Dari Calo

Agen bis rekomendasi : Agra Mas, Sedya Mulya
Agen bis berpotensi ambil penumpang diluar tiket : Timbul Jaya, Tunggal Dara

Jadi, hati hati ya guys, jangan sampai ketipu, cukup aku aja yang ketipu, kamu jangan.

Share jika artikel ini bermanfaat agar teman teman yang tertipu semakin sedikit.

3 komentar

  1. Ciri kantor perwakilan bus atau agen yg asli adalah yg jika di kantor tersebut cuma satu merek bus misal pahala kencana yah jual bus pahala sajah begitu pun jika bus lorena atau harapan jaya bahkan roslalia tapi jika di tempat agen banyak gambar bus kaya museum itu meragukan hati2

    BalasHapus
  2. mau cek jadwal bus resmi lorena dari cikopo akses web resmi nya https://www.lorena-cikampek.com

    BalasHapus