Oke teman teman, kali ini saya akan ngasih tutorial untuk aktivasi kartu debit mandiri supaya bisa digunakan untuk melakukan transaksi online layaknya kartu kredit.
Syarat untuk bisa mengaktifkan Fitur eCommerce Verified by Visa yaitu kalian harus sudah terdaftar pada Mandiri Online. Untuk bisa mendaftar Mandiri Online kalian juga harus mengaktivasi fitur SMS Bangking terlebih dahulu melalui Bank Cabang Mandiri terdekat di kota kamu.
Kalau syarat sudah terpenuhi, begini cara aktivasinya.
1. Langkah pertama Login ke Mandiri Online melalui Dekstop PC atau Perangkat Smartphone kamu.
2. Setelah kalian memasukkan id dan pasword, silahkan kamu menuju menu Pengaturan E-Commerce dan masukkan nomer Kartu Debit Mandiri yang terdapat di nomer kartu atm.
3. Klik lanjut dan masukan nomer HP untuk VBV.
4. Periksa sms dan masukkan kode otp yang dikirim ke nomer hp kalian.
5. Tunggu sampai H+1 untuk penggunaan kartu debit mandiri.
Beberapa pertanyaan mengenai Debit Mandiri untuk transaksi online VBV
1. Apa yang dimaksud dengan fitur layanan transaksi online eCommerce Verified
by Visa/VbV (3D Secure) pada kartu
Mandiri Debit ?
Jawab :
Merupakan fitur layanan / alat pembayaran transaksi online eCommerce
menggunakan kartu
Mandiri debit yang sudah tersertifikasi
dari Visa (VbV/3D Secure) pada situs merchant (toko online) yang juga telah memiliki sertifikasi Visa (VbV/3D Secure).
2. Bagaimana cara nasabah jika ingin mengaktifkan layanan transaksi online eCommerce VbV (3D Secure) ?
Jawab :
2.1 Nasabah Baru
Membuka rekening Mandiri Tabungan, mengajukan
penerbitan kartu Mandiri
debit (reguler/instan) dan mendaftarkan
nomor
handphone yang masih aktif di menu ”Aplikasi Kartu Baru”, melalui Cabang Bank Mandiri.
2.2 Nasabah existing (yang telah memiliki kartu Mandiri Debit)
Kartu Mandiri Debit nasabah dalam kondisi aktif.
Mengupdate nomor handphone yang
akan
digunakan
untuk
menerima Password / Authorization code setiap kali melakukan transaksi
(One Time Password/OTP) di menu
”Perubahan Aplikasi Kartu”.
Proses update data nomor handphone dan aktivasi
kartu Mandiri debit hanya dapat
dilakukan melalui cabang Bank Mandiri/Customer
Service.
Nasabah baru dapat melakukan transaksi online eCommerce setelah 2 hari kerja
sejak nomor handphonenya
di daftarkan.
3. Bagaimanakah cara nasabah bertransaksi di merchant online?
Jawab :
a. Nasabah pemilik kartu Mandiri debit yang dapat bertransaksi online eCommerce adalah seluruh nasabah Mandiri Debit yang status kartunya aktif dan nomor handphonenya
terdaftar pada sistem bank.
b. Nasabah pemilik kartu
Mandiri debit hanya dapat melakukan transaksi
online eCommerce
melalui merchant yang sudah VbV (3D Secure).
c. Nasabah melakukan transaksi dengan menginput nomor Kartu Mandiri debit yang terdaftar di sistem bank pada situs merchant
yang sudah VbV (3D Secure), serta 3 digit nomor CVV yang tertera pada bagian belakang
kartu Mandiri Debit.
d. Selanjutnya Nasabah
akan menerima password
/ authorization code yang nasabah terima di
nomor handphone nasabah berupa 6 (enam) angka rahasia.
Password / authorizastion
code ini akan selalu berubah setiap kali nasabah melakukan
transaksi (One Time Password (OTP).
e. Sistem Bank Mandiri mengirimkan One
Time
Password (OTP)
ke
nomor handphone/HP
nasabah yang telah
terdaftar di sistem
bank.
f. Tahap akhir,
Nasabah menginput Password tersebut pada layar konfirmasi yang muncul
pada layar transaksi.
g. Nasabah akan mendapatkan konfirmasi bahwa
transaksi selesai.
4. Apasajakah manfaat yang di dapat nasabah dari aktivasi layanan
transaksi online eCommerce
VbV (3D Secure)?
Jawab :
a. Perluasan channel transaksi,
dalam hal ini nasabah selain di dapat melakukan
transaksi belanja di merchant yang memiliki mesin EDC/POS, nasabah juga dapat melakukan transaksi
belanja di toko online/situs merchant eCommerce yang
sudah VbV (3D Secure) dengan
menggunakan kartu Mandiri
debit yang juga sudah VbV (3D Secure).
b. Transaksilebih aman karena selain
Merchant harus sudah Verified by
Visa (3D Secure), setiap transaksi online eCommerce yang menggunakan
kartu
Mandiri debit juga diminta untuk menginput password
/ authorization code setiap kali melakukan transaksi
(One Time Password /
OTP)
c. Nasabah tidak dibebani biaya tambahan.
5. Apa
yang dimaksud dengan VbV / 3D Secure ?
Jawab :
Yang dimaksud dengan VbV adalah Verified by Visa, sedangkan 3D
Secure adalah 3 domain
Secure.
6. Apa
yang dimaksud dengan toko online/ Merchant eCommerce yang sudah VbV / 3D Secure?
Jawab :
Merupakan toko online / merchant eCommerce
yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Visa.
Sertifikasi ini untuk memastikan keamanan transaksi
sekaligus melindungi dari cyber fraud.
7. Apa
yang dimaksud dengan Password
/ Authorizationcode?
Jawab :
Berupa 6 (enam) angka rahasia yang diterima nasabah melalui nomor handphone yang terdaftar
di sistem Bank, setiap kali nasabah melakukan transaksi belanja
online. Password / authorization code ini akan selalu berubah setiap kali nasabah melakukan transaksi belanja online (One Time Password)
8. Apa
yang dimaksud dengan One Time Password?
Jawab :
One Time Password atau biasa disingkat OTP merupakan6
(enam) angka rahasia yang diterima
nasabah melalui
nomor handphone yang terdaftar di sistem Bank, setiap kali nasabah melakukan transaksi belanja
online guna keamanan dalam bertransaksi
belanja online.
9. Berapa
kali maksimal nasabah
dapat menginput password / authorizationcode?
Jawab :
Maksimal nasabah dapat menginput password /authorization code sebanyak 3 kali?
10. Apa yang terjadi jika nasabah salah memasukkan Password/ Authorization code setelah 3 kali?
Jawab :
Jika nasabah salah memasukkan password sebanyak
3kali, maka layanan penerimaan password
(OTP)
akan terblokir. Agar dapat bertransaksi kembali, Nasabah dapat mengajukan pembukaan layanan OTP melalui
Mandiri call 14000 (real time). Pembukaan layanan OTP dilakukan dengan verifikasi data terlebih dahulu.
11. Apa sajakah
resiko yang mungkin timbul pada layanan transaksi online eCommerce
dengan menggunakan kartu Mandiri
debit?
Jawab :
Resiko gagalnya transaksi karena
kegagalan system
Resiko gagalnya transaksi karena
nomor Handphone tidak terdaftar pada data Bank
Resiko gagalnya transaksi karena
merchantbelum VbV (3D Secure)
12. Siapakah
pengguna dari transaksi online eCommerce VbV (3D Secure)tersebut ?
Jawab :
Nasabah yang terdaftar menjadi nasabah Bank Mandiri dengan menggunakan semua jenis Kartu Mandiri debit yang berlogo Visa (termasuk kartu Mandiri
debit Bisnis dan Prioritas), namun tidak berlaku untuk kartu
Mandiri Prabayar.
13. Berapa
limit transaksi kartu Mandiri debit, jika bertransaksi melalui belanja online eCommerce ?
Jawab :
a. Limit transaksi kartu Mandiri debit untuK belanja
online eCommerc emengikuti / menjadi satu dengan limit transaksi pembelanjaan harian kartu yang sudah
ada saat ini.
b. Limit transaksi pada merchant online akan diakumulasi dengan transaksi Merchant EDC / POS,
contohnya :
Bayu pemegang kartu Mandiri debitSilver, sesuai jenis kartunya ia mempunya
ilimit harian transaksi belanja / purchase
sebesar Rp. 25 juta per hari. Pada tanggal 19 Juni 2013, Bayu melakukan transaksi di Hypermart sebesar Rp.
500.000, di Matahari Department Store
sebesar Rp. 700.000 dan beli Hp baru di blibli.com sebesar Rp. 4.500.000. Total transaksi purchase Bayu pada tanggal 19 Juni 2013 adalah sebesarRp. 5.700.000. Sehingga sisa limit
transaksi harian Bayu tanggal 19 Juni 2013 adalahRp.
19.300.000.
Oke teman teman, aku harap kalian sudah paham ya seluk beluk mengenai Kartu Debit Mandiri ini, kalau ada yang mau ditanyakan silahkan ajukan melalui kolom komentar, terima kasih.
* Cara Aktivasi Fitur Layanan Transaksi Online eCommerce Verified by Visa (3D Secure) Pada kartu Mandiri Debit
menu pengaturan e-commerce kok gak ada ya di Mandiri Online versi pc atau mobile? di menu pengaturan adanya cuma e-statement, pemeliharaan rekening, ubah password, ubah MPIN dan login dengan sidik jari
BalasHapusbayar -> multipayment mas
BalasHapus